Pilih internet kantor bukanlah hal sulit, tetapi bukan berarti Anda bisa sembarang memilih. Ada beberapa pertimbangan penting yang harus benar-benar Anda kalkulasikan agar tak boncos.
Namun, hal ini tidak terbatas pada besarnya biaya berlangganan. Pasalnya, risiko boncos juga bisa terjadi karena hal-hal lain seperti maintenance, sumber daya manusia, dan sebagainya. Bahkan, risiko internet yang kerap bermasalah juga bisa menyebabkan kerugian lainnya secara non-materi.
Lantas, apa saja poin-poin penting yang perlu Anda pertimbangkan saat pilih internet untuk kantor?
-
Hitung Kebutuhan Kantor
Pertama, Anda harus menghitungkan terlebih dahulu kebutuhan internet untuk operasional kantor. Misal, apakah Anda membutuhkannya hanya untuk kebutuhan browsing biasa, atau ada kebutuhan untuk akses ke portal tertentu, dan sebagainya.
Berikut adalah beberapa contoh pertimbangan lain untuk menghitung kebutuhan kantor.
- Kuantitas data rerata bulanan atau harian untuk menentukan bandwidth yang bisa digunakan.
- Kebutuhan terhadap keamanan privacy dan aksesibilitas untuk menentukan layanan intranet dan internet.
- Titik persebaran untuk menjamin pemerataan hotspot maupun wired connection.
- Ketersediaan sumber daya manusia untuk mengelola internet untuk menentukan apakah sebaiknya memilih layanan yang include dengan servis instalasi internal atau tidak.
- Rasio kebutuhan akses menuju server global dan domestik serta uplink dan downlink.
- Kebutuhan terhadap IP statis atau tidak.
-
Pertimbangkan Ketersediaan Provider
Kota-kota besar cenderung mempunyai infrastruktur yang lebih baik dibandingkan daerah yang masih belum terlalu berkembang atau jauh dari pusat kota. Karena itu, pilihlah provider yang memang memiliki kesiapan infrastruktur di area Anda.
Hal ini akan berdampak pada kualitas layanan, seperti sinyal dan stabilitas. Anda bisa menimbang pula beberapa solusi yang mungkin ditawarkan terutama untuk media transmisi, seperti fiber optic, radio, atau yang lainnya.
-
Utamakan Layanan After Sales
Ini adalah pertimbangan yang cukup banyak disepelekan. Padahal, secara umum kantor dan bisnis membutuhkan layanan yang memiliki prioritas penanganan untuk menjaga operasional tetap berjalan dengan minim kendala.
Layanan internet untuk pelanggan bisnis–termasuk kantor–biasanya merupakan segmen yang berbeda dari layanan internet untuk retail. Oleh sebab itu, jangan terlalu memaksakan memilih produk retail hanya karena biaya cenderung lebih murah.
Produk untuk bisnis umumnya memiliki tim khusus untuk memantau hingga memperbaiki layanan. Biasanya perusahaan pun memberikan account manager khusus sebagai pihak yang menjembatani antara pelanggan dan perusahaan penyedia internet sehingga komunikasi terjaga dengan baik.
Terutama Anda di kawasan Jabodetabek, Anda bisa pilih internet untuk kantor menggunakan produk nusa.id. Layanan internet dedicated dengan SLA 99,5% akan menjaga kestabilan dan keandalan jaringan kapan saja.
Selain itu, paket dedicated internet nusa.id juga sudah termasuk fitur IP statis dan managed AP Service. Distribusi internet pun jadi lebih aman dengan pemeliharaan langsung dari tim nusa.id.