Dalam dunia perhotelan modern, penggunaan internet telah menjadi faktor krusial untuk kesuksesan dan keberlanjutan bisnis. Internet untuk hotel tidak hanya membantu hotel menyediakan konektivitas yang maksimal bagi tamu, tetapi juga memainkan peran penting dalam operasional harian, manajemen, dan strategi pemasaran.
Melalui akses internet yang baik, hotel dapat menawarkan layanan pemesanan atau reservasi online, check-in dan check-out digital, serta akses ke berbagai informasi dan layanan secara real-time. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memaksimalkan kenyamanan dan kepuasan tamu selama menginap.
Alasan Pentingnya Internet untuk Hotel
Akan tetapi, adanya internet untuk hotel tidak hanya menawarkan segala kemudahan tersebut. Berikut ini beberapa alasan mengapa internet menjadi salah satu fasilitas yang sangat penting dan harus ada di hotel:
- Memaksimalkan layanan concierge (pramutamu)
Layanan pramutamu atau concierge dalam perhotelan merupakan sebutan untuk bagian resepsionis atau lini depan hotel. Bagian ini bertanggung jawab untuk mengantarkan para tamu menuju ke kamar.
Seharusnya, bagian concierge baru bekerja setelah tamu selesai melakukan proses check-in. Alur ini sudah pasti memerlukan waktu yang membuat para tamu menunggu meski hanya sebentar.
Akan tetapi, kondisinya bisa berbeda jika hotel didukung dengan layanan concierge online. Pasalnya, jika dapat terkoneksi dengan pramutamu sebelum sampai di akomodasi, tamu cukup melakukan proses check-in di bagian resepsionis, sedangkan barang bawaan sudah pasti dibawa oleh petugas concierge.
Tak hanya itu, akses internet juga membuat petugas concierge menjadi lebih mudah dalam menyampaikan promosi maupun penawaran menarik kepada para tamu secara daring. Hal ini menunjukkan bahwa internet untuk hotel dapat meningkatkan kualitas pramutamu kepada tamu yang menginap.
- Mengidentifikasi kebutuhan tamu
Adanya internet untuk hotel juga menjadi cara mengidentifikasi kebutuhan dan perilaku para tamu yang menginap. Hal ini bisa didapatkan dengan memanfaatkan prasarana akses internet tanpa kabel yang ada di akomodasi.
Tidak hanya mengetahui apa yang menjadi kebutuhan serta memaksimalkan pengalaman tamu yang menginap, adanya akses internet di akomodasi juga dapat memudahkan pihak akomodasi mengenali berbagai permasalahan operasional, meningkatkan kualitas layanan, dan memaksimalkan porsi sumber daya manusia dan tim.
- Efisiensi bagian kebersihan hotel
Departemen kebersihan, tata gerha, atau istilah lainnya adalah housekeeping adalah divisi yang memiliki tanggung jawab terhadap pemeliharaan, pemeliharaan, keindahan kamar, serta area umum dan sekitarnya.
Bagian ini bertugas untuk membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu tepat pada waktunya. Dengan begitu, bisa dikatakan kecepatan adalah salah satu variabel penting untuk bagian ini.
Dengan adanya internet untuk hotel, kecepatan kerja petugas bagian ini bisa terpenuhi dengan optimal. Ini karena petugas bisa segera diberitahu oleh resepsionis saat tamu meninggalkan kamar serta sesegera mungkin membersihkan kamar tersebut.
Tak hanya itu, ketika selesai melakukan pembersihan kamar, petugas kebersihan bisa segera memberitahukan kepada resepsionis melalui perangkat elektronik yang tersambung dari internet (WiFi).
Mencari pilihan internet untuk hotel terbaik? Pertimbangkan Dedicated Internet nusa.id cloud. Layanan ini tak hanya menawarkan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga dukungan tim Network Engineer berpengalaman. Konsultasikan kebutuhan internet untuk bisnis Anda sekarang!