Mengenal Email Marketing

Mengenal Email Marketing

Mengenal Email Marketing – Pernahkah Anda berkunjung ke website e-commerce dan Anda ditwari diskon jika
memasukkan alamat e-mail ? Saat ini hampir semua orang memiliki email untuk beragam keperluan, baik itu untuk keperluan kerja, bisnis, media sosial, hingga transaksi online.

Mengenal email marketing

Sehingga dapat dipastikan bahwa mereka yang menggunakan komputer atau mobile gadget untuk kegiatan sehari-hari memiliki akun email dari berbagai layanan email gratis ataupun berbayar.

Di dunia internet marketing, memanfaatkan email list untuk pemasaran adalah salah satu strategi marketing yang sangat efektif karena penawaran yang kita kirimkan bisa langsung masuk ke inbox email calon pelanggan dan dibaca oleh mereka. Pemasaran dengan cara ini dapat menjangkau calon pelanggan yang potensial.

Apa Itu Email Marketing ?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik). Email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk, dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan. Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber melalui email newsletter.

Mengenal email marketing

Dengan email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan ataupun calon pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk, email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka panjang.

Tipe – Tipe Email Marketing

Ada beberapa type email marketing yang dilakukan oleh para pengusaha online, diantaranya adalah direct email, retention email, dan beriklan di email list orang lain.

1. Direct Email

Direct email adalah pesan yang Anda kirim ke list email pelanggan dimana email tersebut adalah berisi pesan penawaran atau promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.

Cukup banyak pebisnis online yang keliru dalam memanfaatkan direct email kepada pelanggan mereka dengan mengirim pesan penawaran/ promosi dengan bertubi-tubi sehingga terkesan pesan email tersebut berisi SPAM. Pendekatan yang salah (SPAM) kepada pelanggan atau calon pelanggan bisa berakibat buruk, misalnya pelanggan lama atau calon pelanggan akan menghapus alamat email kita dari daftar White List mereka atau Unsubscribe.

2. Retention Email

Retention email adalah email yang kita kirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis kita, ini sangat krusial bagi semua jenis bisnis. Isi pesan retention email biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan mereka, ini adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk kita ke pelanggan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan pendekatan yang unik.

Mengenal email marketing

Bagi para pengusaha yang memasarkan produk atau jasa mereka secara online dan ingin terus menjaga hubungan baik dengan para pelanggan mereka, maka harus mengirimkan email secara teratur kepada para pelanggan dan subscriber. Retention email tidak harus berisi pesan promosi, ada baiknya diselingi dengan tips dan informasi berharga yang memang penting untuk diketahui oleh para pelanggan.

Pelanggan yang senang dengan isi email Anda akan terus loyal sehingga akan menumbuhkan bisnis Anda terus menerus, tentunya ini sangat penting bagi semua pengusaha, terutama mereka yang punya bisnis di market yang kompetitif.

Mengenal email marketing

3. Beriklan di Email Orang Lain

Ini adalah salah satu bentuk marketing yang sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi kita yang belum memiliki banyak email list dan subscriber, kita bisa memanfaatkan email list dari publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau mengirimkan email kepada list mereka dimana di dalam email tersebut terdapat pesan promosi bisnis kita.

Cukup banyak pemilik produk yang berhasil memasarkan produk mereka dengan cara seperti ini. Mereka yang memiliki email list yang cukup banyak biasanya akan bersedia memasarkan produk orang lain untuk mendapatkan keuntungan, baik itu dengan cara affiliasi ataupun dengan cara lain. Jadi jangan heran kalau ada pebisnis online yang bisa mendapatkan puluhan juta rupiah dalam satu hari dari internet dengan memanfaatkan email marketing.

Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis

Beberapa manfaat email marketing sudah disebutkan sebelumnya. Untuk melengkapinya, berikut ini adalah beberapa manfaat email marketing bagi bisnis online Anda:

1. Bersifat Pribadi

Email marketing yang bersifat pribadi / personal biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari para pelanggan atau calon pelanggan. Saat pelanggan / calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari kita, maka akan jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka melalui email yang kita kirimkan.
2. Informasi Terkirim Lebih Cepat

Dengan email marketing, kita bisa menjangkau para pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka sehingga hasilnya akan kita dapatkan lebih cepat.

3. Biaya Jauh Lebih Murah

Memang kita membutuhkan layanan dari penyedia email responder, namun biaya ini akan jauh lebih murah dan efektif dibandingkan jika kita menggunakan surat fisik. Tingkat responsive direct mail biasanya lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa email marketing sangat menguntungkan.

4. Kampanye Dapat Diukur

Kampanye yang kita lakukan melalui email marketing dapat kita ukur dengan baik karena kita dapat melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon pelanggan tersebut. Dengan begitu, kita bisa melakukan analisa lebih baik terhadap kampanye yang dilakukan dan bisa segera melakukan perubahan pada kampanye saat diperlukan.

5. Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Mengenal email marketing, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kita bisa dengan mudah menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan melalui email marketing. Email yang kita kirimkan bisa berupa tips, informasi penting, promosi produk, dan lain-lain, dengan cara yang lebih mudah.

Mengenal email marketing

NUSA.ID sebagai Email solution provider menawarkan layanan e-mail premium dengan kapasitas mailbox sampai dengan 30 GB untuk Anda. Dengan harga mulai dari IDR 10K / Month Anda telah mempunya email sesuai dengan domain perusahaan atau brand Anda. Ingin tau lebih lanjut ? silahkan kunjungi https://nusa.id/email

 

Mengenal email marketing
About the Author