Dalam menjalankan bisnis, Anda wajib memiliki pengetahuan tentang berbagai teknik pemasaran digital. Salah satunya adalah dengan mengetahui cara membuat akun Gmail untuk bisnis dengan Google Workspace. Pemakaiannya bisa memberikan banyak manfaat dalam membantu pengembangan bisnis.
Kelebihan Akun Gmail untuk Bisnis
Anda mungkin berpikir, kenapa harus membuat akun Gmail bisnis? Padahal, Anda bisa pula memilih untuk menggunakan akun Gmail biasa. Ada beberapa alasan yang membuat Anda kenapa harus mempertimbangkan untuk menggunakan akun Gmail bisnis, yaitu:
1. Sarana Branding Bisnis
Alasan yang pertama adalah karena Gmail bisnis menawarkan solusi untuk branding bisnis. Dengan Gmail bisnis, Anda bisa membuat akun email yang profesional dengan domain custom sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, alamat email dapat terlihat lebih profesional di mata klien, investor, dan pelanggan.
2. Praktis, Tanpa Perlu Membuat Website
Kelebihan berikutnya adalah karena membuat akun Gmail untuk bisnis dengan Google Workspace sangat mudah dan praktis. Anda dapat melakukannya tanpa perlu terlebih dulu membangun website. Jadi, Anda bisa menghemat pengeluaran.
3. Kapasitas Penyimpanan yang Lebih Besar
Gmail untuk bisnis memungkinkan Anda untuk mendapatkan akses penyimpanan data yang lebih besar. Jika menggunakan Gmail gratis, Anda hanya memperoleh kapasitas penyimpanan sebanyak 15 GB. Lain halnya dengan Gmail bisnis, yang menawarkan kapasitas storage mulai dari 30 GB.
4. Tingkat Keamanan yang Terjamin
Manfaat berikutnya adalah berkaitan dengan tingkat keamanan. Gmail untuk bisnis memberikan jaminan keamanan yang lebih canggih dibandingkan dengan akun Gmail gratis. Jadi, Anda bisa merasa tenang ketika ingin menyimpan data penting bisnis di dalamnya.
Cara Membuat Akun Gmail untuk Bisnis dengan Google Workspace
Setelah mengetahui kelebihan serta manfaat penggunaannya, Anda jadi tahu kenapa perlu memilih untuk menggunakan akun Gmail bisnis, kan? Lalu, bagaimana cara pembuatannya?
Langkah-langkahnya ternyata tidak sulit. Anda bisa mengikuti panduan cara pembuatannya sebagai berikut:
1. Daftar Akun Google Workspace
Langkah pertama, Anda perlu melakukan pendaftaran akun ke Google Workspace. Layanan ini memungkinkan Anda untuk bisa membuat akun Gmail dengan domain custom untuk kebutuhan bisnis.
2. Hubungkan dengan Domain
Tahap berikutnya, Anda perlu menyiapkan domain yang ingin digunakan untuk alamat email. Anda dapat menggunakan domain apa pun, termasuk .com, .id, .net, dan lain sebagainya. Jika sudah ada, Anda bisa menghubungkannya ke akun Gmail bisnis yang akan dibuat.
3. Buat Alamat Email
Pada tahapan ini, Anda perlu memasukkan alamat Gmail bisnis. Misalnya, Anda bisa membuat alamat Gmail berupa ceo@bisnisanda.com.
4. Pilih Paket Berlangganan Google Workspace
Terdapat beberapa paket biaya berlangganan Google Workspace yang bisa Anda pilih. Anda bisa menjumpai paket Business Starter, Business Standard, Business Plus, hingga Enterprise.
5. Atur Akun Email
Selanjutnya, Anda perlu melakukan pengaturan pada Gmail bisnis. Pengaturan tersebut meliputi penambahan anggota tim yang bisa mengakses email, signature email, dan lain-lain. Setelah itu, akun Gmail bisnis sudah siap Anda gunakan.
Tidak sulit, kan? Untuk mulai menggunakan akun Gmail bisnis, Anda bisa segera berlangganan Google Workspace di sini!