Work life balance belakangan menjadi isu yang banyak dibicarakan oleh kalangan pekerja di Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan mental, kebutuhan akan work life balance menjadi tuntutan di berbagai sektor.
Work life balance yang baik sangat penting karena bisa membantu mengurangi stres dan mencegah kelelahan, baik dalam kehidupan kerja maupun pribadi. Ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik maupun mental. Simak lebih jauh tentang work life balance, termasuk fenomenanya di Indonesia berikut ini!
Definisi Work Life Balance
Dalam bahasa Indonesia, work life balance dapat diartikan sebagai keseimbangan kehidupan kerja. Istilah ini mengacu pada tingkat prioritas antara kehidupan pribadi dan kehidupan profesional seseorang serta tingkat aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan orang tersebut di rumah.
Jika didefinisikan secara sederhana, keseimbangan kehidupan kerja merupakan situasi ketika seseorang bisa membagi dengan seimbang waktu dan tanggung jawab mereka terhadap kehidupan pribadi dan pekerjaan. Dengan begitu, mereka tidak akan merasa terlalu stres karena pekerjaan. Di waktu yang sama, mereka tetap memiliki waktu untuk pribadi dan keluarga.
Karena selama beberapa tahun ke belakang makin banyak orang yang bekerja dari rumah, work life balance menjadi masalah yang makin banyak dirasakan orang. Ini karena mereka sulit membuat batas jelas antara waktu untuk bekerja dan waktu untuk keluarga karena keduanya mereka lakukan di rumah.
Meski begitu, bukan berarti work life balance menjadi tidak penting dan tidak bisa diterapkan. Kamu bisa membuat jadwal kerja yang teratur dan menepatinya. Dengan begitu, waktu kerja tidak akan terganggu dengan waktu pribadi dan sebaliknya.
Mengapa Work Life Balance Itu Penting?
Perusahaan yang baik akan berusaha menciptakan keseimbangan kehidupan kerja bagi para karyawannya. Dengan keseimbangan kerja yang baik, kesehatan mental karyawan menjadi lebih baik dan mereka cenderung merasa lebih bahagia. Ketika pekerja bahagia, maka akan lebih mudah bagi mereka mencapai produktivitas terbaiknya. Selain itu, ada beberapa alasan pentingnya work life balance:
- Dapat membantu menurunkan tingkat stres karena pekerjaan.
- Membantu meningkatkan kesehatan mental. Ketika kamu merasa pekerjaan dan urusan pribadimu bisa berjalan beriringan, maka kamu akan lebih mudah menghadapi emosi dan pemikiran yang negatif.
- Keseimbangan kehidupan kerja memungkinkanmu menciptakan rutinitas yang lebih baik untuk meningkatkan kesehatan fisikmu. Misalnya, kesempatan berkumpul dengan keluarga, mendapatkan tidur berkualitas, memiliki waktu untuk berolahraga, dan makan makanan sehat.
- Bisa lebih fokus saat bekerja. Ketika kamu bisa membagi pikiran dan waktu dengan baik antara jam kerja dengan waktu pribadi, kamu akan fokus pada keduanya karena tidak ada pemikiran yang saling tumpang tindih.
- Meningkatkan hubungan yang lebih baik. Hubungan yang dimaksud adalah hubungan dengan keluarga dan orang-orang terdekat dan hubungan dengan rekan kerja.
Contoh-Contoh Perusahaan yang Menerapkan Work Life Balance Terbaik di Indonesia
Work life balance merupakan salah satu hal yang mulai mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan-perusahan di Indonesia. Beberapa di antara perusahaan dengan work life balance terbaik antara lain adalah:
- PT Unilever Indonesia Tbk
Perusahaan ini sejak lama dikenal dengan iklim kerjanya yang profesional, adil, dan kompetitif. Gaji dan tunjangan diberikan dengan jumlah yang layak. Karyawan yang berkinerja baik selalu mendapatkan apresiasi sesuai dengan pencapaiannya.
- PT Astra Indonesia Motor
Tidak hanya punya lingkungan kerja menyenangkan, Astra juga kerap memberikan promosi dan tunjangan dengan penawaran yang sangat menarik bagi para karyawannya. Tidak hanya tunjangan transportasi, mereka juga diberikan bonus tahunan, jaminan kesehatan, dan tentu saja THR.
- PT Chevron Pacific Indonesia
Perusahaan energi multinasional ini dikenal selalu memberikan peluang bagi karyawannya untuk mengembangkan karier lewat berbagai pelatihan. Mereka juga dikenal memiliki lingkungan dan kultur kerja yang nyaman.
Meski perusahaan memiliki peran penting dalam menerapkan work life balance bagi karyawannya, bukan berarti kamu tidak bisa membantu menciptakan sendiri untuk dirimu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan berbagai tools untuk mendukung kemudahan pekerjaanmu. Temukan tools-tools penting tersebut di nusa.id. Klik di sini untuk informasi lengkapnya!