Mengetahui cara kerja G Suite akan memberikan Anda gambaran mengenai keunggulan layanan yang disediakan Google. Dirilis pada 2006 silam, G Suite telah mengalami beberapa kali perubahan nama. Mulai dari Google Apps for Your Domain, G Suite, hingga Workspace.
Tentunya perubahan nama tersebut didukung dengan peningkatan fitur yang berguna untuk perkembangan bisnis di berbagai industri. Kehadiran G Suite membantu Anda untuk lebih terorganisir dan memungkinkan pekerjaan dilakukan di mana saja.
Supaya lebih jelas mengenai G Suite Workspace dan cara kerjanya, simak uraian singkat di bawah ini ya!
Mengenal G Suite
Google Suite adalah rangkaian alat produktivitas berbasis cloud yang efektif meningkatkan efisiensi kerja, mendukung kolaborasi, memudahkan proses kerja, dan melancarkan komunikasi.
Layanan G Suite mencakup beberapa aplikasi penting, seperti Gmail untuk kebutuhan pengiriman dan penerimaan email profesional, Google Drive untuk menyimpan berbagi dokumen atau file, Calendar untuk mencatat jadwal, dan Slides untuk membuat dokumen.
Tak hanya itu saja, G Suite juga dibekali fitur keamanan data enkripsi dan autentikasi dua langkah. Kelebihan dan cara kerja G Suite yang terintegrasi dengan banyak aplikasi telah mendorong banyak perusahaan menggunakannya untuk kemajuan bisnis.
Fitur Utama G Suite
Google Suite Workspace menawarkan sejumlah fitur utama yang dapat meningkatkan produktivitas dan kolaborasi karyawan. Adapun fitur yang dimaksud, sebagai berikut:
- Gmail: email profesional dengan domain khusus yang dilengkapi pencarian canggih, filter otomatis, dan bisa terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya.
- Drive: penyimpanan cloud dengan kapasitas besar dan keamanan tinggi untuk menyimpan dan berbagi file atau dokumen dari berbagai perangkat.
- Google Docs, Sheets, dan Slides: alat kolaborasi untuk membuat dokumen, presentasi, dan spreadsheet yang dapat digunakan secara bersamaan dalam satu waktu.
- Google Calendar: alat manajemen waktu untuk mencatat dan mengatur jadwal.
- Google Meet dan Chat: alat komunikasi yang bisa digunakan untuk diskusi bersama tim atau kolaborasi jarak jauh melalui rapat video.
- Google Forms: alat yang dapat digunakan untuk kuesioner dan survei.
- Keamanan: melindungi informasi perusahaan dengan kontrol akses admin, enkripsi data tingkat tinggi, dan autentikasi dua langkah.
Cara Kerja G Suite, Optimalkan Produktivitas Digital
G Suite bekerja dengan cara mengoptimalkan produktivitas digital dengan menyediakan aplikasi terpadu. Aplikasi inilah yang mendukung kelancaran komunikasi, kolaborasi, dan manajemen data.
Berbekal cara kerja tersebut, G Suite efektif mempermudah tim bekerja untuk bisa bekerja di mana saja serta memastikan komunikasi dan kolaborasi dapat berjalan lancar secara real time hanya dengan mengandalkan satu platform terpadu.
Singkatnya, cara kerja G Suite dapat mengurangi hambatan terkait lokasi kerja serta membuat tim bekerja lebih fleksibel dan efisien waktu. Untuk menikmati keunggulan yang ditawarkan Google, mulailah berlangganan Google Workspace melalui nusa.id cloud!