fbpx

Mau Langganan Gemini AI Google, Harus Paham Apa Itu Token, Ya!

Gemini AI

Dengan kemampuan canggih yang dimilikinya, tidak mengherankan kalau banyak orang tertarik untuk langganan Gemini dari Google. Apalagi, Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, termasuk di antaranya adalah coding dan bahkan pemrosesan gambar maupun video. 

Hanya saja, Anda juga harus perlu memahami seluk-beluk Gemini AI sebelum memutuskan untuk menggunakan akses berlangganan layanan ini. Salah satunya adalah tentang token. Apalagi, token mempunyai peran yang begitu sentral dalam penggunaan layanan Gemini AI dari Google. 

Gemini AI

Apa Itu Token Gemini AI?

CEO Alphabet Sundar Pichai mengatakan kalau Gemini Advanced mempunyai fitur berupa context window yang mempunyai kapasitas mencapai 1 juta sampai 2 juta token. Namun, apakah Anda tahu apa yang disebut dengan token?

Ketika langganan Gemini, Anda harus paham pengertian token. Dalam bahasa yang sederhana, token merupakan potongan kata yang digunakan oleh AI untuk memahami konteks dari setiap perintah. Setiap token terdiri dari 4 karakter. Karakter tersebut bisa berupa huruf, angka, dan yang lainnya.

Kegunaan Token Gemini AI

Lalu, kenapa pemahaman tentang token sangat penting untuk Anda perhatikan ketika ingin langganan Gemini? Alasannya, karena token digunakan tidak hanya sebagai input, tetapi juga output. 

AI akan mengolah setiap kata menjadi token, menganalisisnya, dan menyampaikan respons dalam bentuk token yang kemudian diubah menjadi tulisan. Dengan begitu, Anda pun dapat memahami penjelasan yang diberikan oleh Gemini AI terkait pertanyaan yang diajukan. 

Gemini Advanced memberikan akses context window yang mempunyai kapasitas mencapai 1 juta token. Dengan fitur tersebut, Gemini pun mempunyai kemampuan untuk bisa memberikan penjelasan maupun pemrosesan perintah secara lebih jelas. 

Lalu, apa yang bisa Anda dapatkan dengan akses context window 1 juta token tersebut? Dengan akses token sebanyak itu, Anda memperoleh akses untuk mendapatkan informasi secara lebih banyak dalam sekali permintaan. 

Satu juta token tersebut setara dengan: 

  • Video dengan durasi mencapai 1 jam
  • Rekaman suara dengan durasi sekitar 11 jam
  • Coding sebanyak 30 ribu baris
  • Teks dengan jumlah 700 ribu kata

Dengan kemampuan tersebut, Anda sudah mempunyai gambaran betapa bermanfaatnya akses terhadap 1 juta token di Gemini AI, kan? Anda pun bisa memanfaatkan akses token tersebut untuk berbagai keperluan. 

Selanjutnya, untuk layanan langganan Gemini, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Nusa.id menyediakan solusi berlangganan Google Workspace yang sudah terintegrasi Gemini AI di dalamnya. 

Dengan layanan ini, Anda bisa memaksimalkan penggunaan Gemini lewat integrasi ke berbagai layanan Google. Yuk, segera dapatkan akses berlangganan Google Workspace dengan integrasi Gemini di sini!

Share Artikel :

Blog Terkait

Ingin Berlangganan Google Workspace di Kota Medan? Ini Caranya

Ingin Berlangganan Google Workspace di Kota Medan?

Google Workspace menjadi salah satu produk yang memberikan banyak manfaat bagi para

Manfaat Nyata Gemini Google Workspace untuk Bisnis, Cek Trialnya Di sini!

Manfaat Nyata Gemini Google Workspace untuk Bisnis,

Teknologi AI cerdas seperti Gemini menjadi salah satu inovasi yang memberikan banyak

Ini Solusi Layanan Internet Dedicated untuk Bisnis di Jabodetabek

Ini Solusi Layanan Internet Dedicated untuk Bisnis

Menggunakan layanan internet untuk kebutuhan bisnis di kawasan Jabodetabek harus cermat. Anda