Google Meet adalah salah satu terobosan dari Google untuk merespons kebutuhan bekerja secara remote. Jauh sebelum pandemi muncul, produk ini sudah ada meski baru-baru ini dikembangkan dengan baik dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.
Cara Menggunakan Google Meet
Ada dua cara menggunakan Google Meet. Pertama saat Anda menggunakan akun pribadi dan kedua menggunakan akun Workspace.
1. Menggunakan Akun Pribadi
Dengan menggunakan akun pribadi, simak langkah di bawah ini:
- Pastikan untuk login ke akun Google yang Anda Miliki terlebih dahulu
- Buka https://meet.google.com/, disarankan menggunakan browser Google Chrome
- Setelah terbuka, Anda bisa membuat ruangan rapat dengan New Meeting. Buat kode ruangan atau bisa membuat meeting langsung atau terjadwal melalui google calendarIkuti proses yang diminta dan Anda bisa langsung memulai rapat atau pertemuan secara virtual
2. Menggunakan Akun Google Workspace
Apabila menggunakan akun Google Workspace, secara otomatis Anda dan tim sudah tergabung dalam satu wadah. Untuk memulai rapat, ikuti langkah berikut:
- Sudah login ke akun Google dan buka website Google Meet
- Klik Join atau Start Meeting
- Jika Anda yang membuat, isikan deskripsi yang ada. Lalu klik Join atau Gabung
- Jika ingin menambahkan orang ke dalam rapat, cukup gunakan alamat emailnya
Fitur Google Meet
Beberapa fitur yang tersedia terdiri dari:
- Layar untuk melakukan presentasi
- Jumlah peserta bisa sampai 250 orang jika menggunakan Google Workspace Business Plus
- Fitur rekam rapat dari awal sampai akhir sehingga bisa dilihat kembali oleh mereka yang tidak ikut
Keamanan Google Meet
Keamanan dari Google Meet sama dengan Google Workspace kalau dua layanan ini tersambung. Segala aktivitas yang dilakukan di sini tidak akan bisa disadap dari luar sehingga Anda bisa melakukan rapat dengan aman dan privat.
Saat ini aplikasi atau platform untuk melakukan rapat secara online ada banyak. Namun, Google Meet adalah salah satu yang paling baik dari semuanya. Mengapa? Karena ada integrasi dengan Google Workspace sehingga semua pekerjaan bisa digabung jadi satu dan dikelola dengan baik.