Google Workspace Adalah Produk Perangkat Lunak Komputasi Awan (Cloud) Yang Dapat Kamu Manfaatkan Untuk Menunjang Produktivitas Dan Kolaborasi Antar Tim.
Dari tahun ke tahun, beragam inovasi telah lahir dari tangan Google, salah satu perusahaan raksasa teknologi dunia. Ada banyak orang maupun perusahaan yang mendapatkan sejumlah kemudahan, mulai dari mengirim email, mengatur jadwal kerja, berbagi dokumen dengan tim, hingga yang terbaru, Google Workspace.
Mulanya dikenal sebagai G Suite, Google Workspace adalah produk perangkat lunak komputasi awan (cloud) yang dapat kamu manfaatkan untuk menunjang produktivitas dan kolaborasi antar tim. Secara umum, Google Workspace memuat beragam alat kerja, seperti Gmail, Kontak, Kalender, Google Meet, Google Chat, Drive, rangkaian Google Docs, Sheet, Form, dan Slides, serta masih banyak lagi.
Nah, dengan beragam fungsi yang terdapat dalam satu platform terintegrasi, kamu bisa lebih optimal mengorganisasi hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti mengontrol, menyimpan data, dan memastikan keamanannya, berbagai informasi dalam satu waktu, hingga berkolaborasi dengan tim secara interaktif. Menariknya, sebagian layanan ini bisa kamu manfaatkan tanpa biaya, lho. Namun, untuk menggunakan sejumlah fitur yang terbatas, kamu memang wajib membayarkan nominal tertentu yang masih terjangkau—apabila dibandingkan dengan manfaat yang akan didapatkan.
Sebetulnya, ada banyak alasan yang mengakibatkan Google Workspace ini begitu dicintai oleh penggunanya. Berikut adalah tiga alasan yang dapat kami rangkum.
1. Satu Tempat, Banyak Fungsi
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Google Workspace merupakan satu platform terintegrasi yang memuat banyak fungsi. Jangan salah, kendati memiliki banyak fungsi dan fitur berbeda, cara menggunakannya pun cukup mudah. Diawali dengan desain yang segar dan ramah pengguna, akses secara real time dan fleksibel, serta instruksi penggunaan yang mudah dipahami, Google Workspace siap bersaing dengan penyedia workspace lain.
Oh ya, Google Workspace juga memfasilitasi perusahaan untuk membuat domain tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keamanan. Salah satu nilai tambahnya, perusahaanmu dapat dengan mudah menambahkan atau menghapus pengguna, tanpa perlu repot-repot mengelola server email. Selain itu, kamu juga dapat mengelola semua fitur keamanan, mulai dari single sign on, pemantauan password, hingga manajemen. Nggak perlu cemas akunmu diretas atau dibobol.
2. Simpan, Kelola, dan Bagikan Dokumen
Google Drive mungkin sangat familiar di telingamu. Bagaimana tidak? Inilah salah satu inovasi penyimpanan dokumen menggunakan sistem cloud yang mudah dan murah; serta terjamin jitu menghindarkan file-mu dari sejumlah risiko rusak maupun hilang. Dengan fitur ini, kamu juga dapat berkolaborasi secara real time dan berbagi dokumen dengan anggota tim lain. Khawatir akses bocor? Tenang, Google Drive jelas sudah dilengkapi fitur pembatasan akses, kok. Jadi, sebagai pengguna, kamu tentu bisa membatasi siapa saja yang dapat mengakses dokumen dan melakukan pengeditan.
3. Cara Mudah Berkolaborasi
Selain Google Drive, Google Workspace juga memiliki fitur Docs, Spreadsheet, atau Slide yang dapat kamu gunakan untuk berkolaborasi dengan tim secara efektif. Tanpa harus bertemu langsung, atau ada di waktu yang sama, kamu dan rekan kerjamu dapat melakukan pengeditan secara real time, termasuk di antaranya memberikan saran, tindakan, ataupun sekadar berkomunikasi. Nah, jika ada yang dirasa kurang cukup, kamu juga bisa langsung menjadwalkan rapat melalui Calendar, atau langsung melakukan panggilan video lewat Google Meet.
Pada akhirnya, kehadiran Google Workspace tentu ingin menjawab berbagai permasalahan terkait kebutuhan produktivitas kerja di masa digital. Dengan meletakkan banyak fungsi dalam satu platform yang mudah diakses, diharapkan semua pekerjaan maupun tantangan yang kamu hadapi dapat teratasi secara efektif dan efisien.
Untuk dapat menikmati fitur maupun layanan dengan lebih maksimal, kamu bisa berlangganan fitur premiumnya, lho. Menjadi salah satu penyedia jasa layanan cloud server di Indonesia, nusa.id cloud menawarkan layanan Google Workspace yang memuat sejumlah tools premium, seperti Gmail dengan domain bisnis perusahaan, Sheets, Meet, Calendar, Drive, Sites, Endpoint untuk mengelola perangkat organisasi, Currents, Vault untuk menyimpan, mengarsipkan, dan menelusuri data, Keeps, Slides, Forms, App Script yang merupakan tools untuk otomatisasi tugas, Cloud Search yang mempermudah penelusuran, hingga Admin untuk mengontrol keamanan dan administrasi.
Kamu dapat langsung menikmati layanan terintegrasi, cerdas, dan fleksibel ini melalui tiga pilihan paket, yakni (1) Workspace Business Starter dengan harga Rp59 ribu/user/bulan*; (2) Workspace Business Standar dengan harga Rp139 ribu/user/bulan*; dan Workspace Business Plus dengan harga Rp245 ribu/user/bulan. Tersedia pula pilihan paket Enterprise, yakni (1) Workspace Enterprise Standard dengan harga Rp278 ribu/user/bulan dan (2) Workspace Enterprise Plus dengan harga Rp399 ribu/user/bulan. Detail harga dan fitur Google Workspace Murah ini dapat langsung dibaca di nusa.id, ya. Selamat mencoba!