fbpx

Penerapan WiFi Management atau Captive Portal pada Akses WiFi Gratis di Hotel

WiFi Management

Captive portal atau WiFi management bisa dikatakan sebagai aplikasi yang krusial untuk membantu mengorganisir akses user ke jaringan publik maupun pribadi. Jika dihubungkan dengan internet untuk hotel, aplikasi ini berperan sebagai pintu masuk bagi tamu untuk memperoleh akses internet, terutama untuk internet gratis. 

Artikel ini akan membahas mengenai manfaat penerapan WiFi management atau captive portal pada internet gratis hotel dan bagaimana penerapannya. Bagi pemilik bisnis hotel, hal ini menjadi sangat penting untuk diketahui.

WiFi Management

Manfaat WiFi Management pada Internet Hotel

Mudahnya, captive portal atau WiFi management adalah salah satu metode yang melarang adanya koneksi atau izin akses sebelum pengguna mendaftar atau masuk pada halaman website tertentu. 

Umumnya, aplikasi ini dimanfaatkan dalam infrastruktur internet tanpa kabel seperti area hotspot atau akses internet gratis, seperti internet untuk hotel.. Akan tetapi, tidak pula menutup peluang untuk diimplementasikan pada jaringan internet kabel.  

Aspek penting dari menggunakan WiFi management adalah mengorganisir akses sehingga jaringan internet tetap aman. Jaringan pribadi hotel dapat menutup akses bagi user yang bukan tamu sehingga tidak berhak untuk memperoleh akses internet.

Metode ini bisa menjamin bahwa user dapat masuk dan terhubung ke jaringan dengan cara yang tepat. Namun, captive portal tidak hanya menyediakan akses internet yang aman, tetapi juga membuat pihak hotel lebih mudah mengumpulkan data tamu untuk keperluan database karena portal ini mengharuskan tamu memasukkan email atau data lain.

Portal ini pun membantu hotel lebih mudah dalam menganalisis minat dan kebiasaan tamu melalui aktivitas jelajah internet. Analisis ini selanjutnya digunakan untuk pengelompokan data sehingga hotel dapat memberikan penawaran kepada target yang pas. 

Pemanfaatan WiFi management dalam internet untuk hotel tidak hanya sebatas portal tamu untuk mendapatkan akses internet, tetapi juga media promosi kepada tamu. Pihak hotel dapat memasukkan konten yang menarik, seperti akun media sosial, survei, dan video.

Sebenarnya, WiFi management tidak hanya membuat tamu mendapatkan akses internet yang benar dan aman. Aplikasi ini juga memudahkan pihak hotel untuk mengumpulkan data tamu yang selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan strategi promosi kepada tamu. 

Penerapan WiFi Management pada Akses Internet Hotel

Hadirnya captive portal tidak hanya menyediakan akses internet gratis untuk tamu di hotel, tetapi juga penginapan lain, bahkan di kelas low budget sekalipun. Sebab, di era digital yang semakin canggih seperti sekarang, internet menjadi suatu keharusan untuk mendukung kelancaran aktivitas tamu di mana saja, kapan saja. 

Tidak hanya tamu yang datang menginap untuk kunjungan bisnis, mereka yang menginap untuk liburan pun memerlukan internet untuk tetap terhubung dengan dunia. Terlebih, WiFi management yang menyediakan akses internet untuk hotel khusus bagi tamu.

Tamu yang ingin memanfaatkan akses internet selama di hotel bisa memasukkan informasi seperti email atau memasukkan kode tertentu sesuai dengan peraturan dari hotel. Ketika ingin menggunakan jaringan internet melalui captive portal, tamu akan dibawa ke halaman login. 

Hotel dapat memasang halaman ini menggunakan desain brand hotel. Selain akses login, hotel juga bisa memasukkan gambar atau video layanan maupun promosi terbaru yang mungkin belum diketahui oleh tamu. 

Dengan begitu, tamu bisa langsung mengetahui layanan, promo, dan penawaran baru dari hotel tanpa harus membuka akun media sosial. Selain memudahkan tamu untuk mendapat informasi, hal ini juga dapat meningkatkan kepuasan tamu karena kemudahan yang mereka dapatkan. 

Jika Anda memiliki bisnis di bidang perhotelan dan sedang mencari cara untuk mendapat data tamu serta memudahkan analisis melalui tren jelajah yang dilakukan oleh para tamu melalui internet, aplikasi ini dapat menjadi opsi terbaik untuk langkah awal.

Atau, Anda sedang mencari layanan pemasangan dedicated internet untuk hotel yang tepercaya? Anda bisa percayakan pada nusa.id cloud yang menawarkan banyak keuntungan untuk mendukung pertumbuhan bisnis lebih optimal. 

Nusa.id cloud telah resmi berbadan hukum dengan dukungan sumber daya manusia yang kredibel, ahli, dan professional dengan pengalaman di bidangnya lebih dari 20 tahun. Tidak hanya itu, nusa.id cloud juga menawarkan layanan cloud yang begitu fleksibel dan pastinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tidak ketinggalan, nusa.id cloud juga selalu peka terhadap perubahan teknologi paling baru, baik dari perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Punya kendala atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang layanan dari nusa.id cloud? Tenang saja, dukungan pelanggan 24/7 akan siap membantu untuk memberi solusi terbaik dari permasalahan yang Anda hadapi.

Jadi, jangan ragu untuk menghubungi nusa.id cloud untuk mendapatkan layanan terbaik bagi bisnis Anda!

Share Artikel :

Blog Terkait

Cara Kerja G Suite & Google Workspace Sama? Cek Faktanya!

Cara Kerja G Suite & Google Workspace

Anda mungkin sering mendengar layanan Google yang bernama G Suite dan Google

Tips Maksimalkan Cloud Server untuk Freelancer

Tips Maksimalkan Cloud Server untuk Freelancer

Sebagai seorang freelancer, efisiensi dalam pengelolaan proyek adalah kunci kesuksesan. Salah satu

Penerapan WiFi Management atau Captive Portal pada Akses WiFi Gratis di Hotel

Penerapan WiFi Management atau Captive Portal pada

Captive portal atau WiFi management bisa dikatakan sebagai aplikasi yang krusial untuk