Gemini Google Workspace Google menyediakan cara yang praktis, efisien, dan akurat untuk menyelesaikan pekerjaan, melakukan analisis data, dan berkolaborasi dengan tim secara online.
Pada dasarnya, Gemini Google AI dan Google Workspace adalah dua konsep yang saling berkaitan. Namun, berbeda dalam fungsi dan tujuan. Berikut penjelasan singkat mengenai keduanya, manfaat yang ditawarkan, dan bagaimana cara memulainya.
Apa Itu Gemini AI dan Google Workspace?
Gemini AI merupakan kecerdasan buatan Google tingkat lanjut yang bisa diintegrasikan ke aplikasi Google Workspace. Gemini memanfaatkan AI untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas dan efisiensi melalui kecanggihan analisis data, otomatisasi tugas, dan pemrosesan bahasa alami.
Kemampuan Gemini AI mencakup:
- Penulisan otomatis Google Docs dan Gmail melalui Smart Compose.
- Rekomendasi formula otomatis di Google Sheets.
- Ringkasan otomatis untuk dokumen panjang ataupun email.
- Analisis data otomatis di Google Sheets.
Google Workspace adalah platform produktivitas berbasis cloud yang di dalamnya mencakup aplikasi, seperti:
- Gmail untuk email.
- Google Docs untuk pengolahan dokumen.
- Google Slides untuk presentasi.
- Google Sheets untuk memudahkan proses analisis serta pengolahan data.
- Google Meet untuk rapat virtual.
- Google Drive untuk penyimpanan file.
Kehadiran aplikasi tersebut memungkinkan Anda bekerja secara individu maupun kolaborasi bersama tim secara online dan mengakses file dari berbagai perangkat secara real time.
Singkatnya Google Workspace menyediakan alat utama untuk produktivitas, sedangkan Gemini AI memperkaya alat tersebut dengan kecerdasan buatan untuk membuat pekerjaan lebih cepat dan efisien.
Manfaat Gemini Google Workspace
Sebagaimana Anda pahami, Gemini Google Workspace merupakan layanan yang dihadirkan Google untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan harian. Adapun manfaat yang ditawarkan Gemini AI Google Workspace, antara lain:
- Otomatisasi Tugas: Gemini AI mampu menghemat waktu dengan otomatisasi tugas manual, seperti membuat ringkasan dokumen, mengatur jadwal rapat, atau memberikan rekomendasi analisis data.
- Meningkatkan Efisiensi: kehadiran Gemini AI dapat membantu Anda menyelesaikan tugas harian, seperti menulis email atau analisis data dengan akurat dan efisien waktu.
- Meningkatkan Akurasi: fitur Smart Compose serta pemeriksaan tata bahasa otomatis dapat Anda manfaatkan untuk memastikan email dan dokumen yang akan dikirim lebih profesional dan akurat.
- Kolaborasi Lebih Baik: Google Workspace memungkinkan tim bekerja pada dokumen yang sama secara bersamaan dengan kehadiran Gemini AI yang bisa membantu memberi masukan relevan secara selama kolaborasi berlangsung.
- Meminimalkan Kesalahan Manusia: berbekal bantuan kecerdasan buatan, kesalahan penulisan, perhitungan, maupun pengambilan keputusan dapat diminimalkan.
- Insight Lebih Cepat: ketika menggunakan Google Sheets, Gemini dapat digunakan untuk memberikan insight dan rekomendasi berdasarkan data yang telah dimasukkan.
- Mempercepat Pengambilan Keputusan: kehadiran Gemini AI memudahkan Anda untuk mengambil keputusan secara tepat dan akurat berdasarkan analisis data.
Cara Memulai Menggunakan Gemini Google Workspace
Lantas, bagaimana cara memulai menggunakan Gemini Google Workspace? Untuk memulainya, Anda bisa mengikuti langkah berikut:
- Pastikan Anda telah memiliki paket Google Workspace yang mendukung Gemini AI. Fitur canggih ini tersedia dalam paket Business Starter, Business Standard, Business Plus, dan Enterprise.
- Aktifkan Fitur AI melalui Admin Console (admin.google.com).
- Pada menu, pilih Aplikasi lalu klik Google Workspace kemudian Setelan. Pastikan pengaturan Smart Compose sudah aktif.
- Setelah fitur tersebut aktif, Anda bisa menggunakan AI pada aplikasi Google Workspace.
- Anda bisa mengeksplorasi berbagai fitur yang tersedia untuk menunjang produktivitas.
- Untuk memastikan Anda menggunakan Gemini Google Workspace versi terbaru, lakukan pembaruan secara berkala. Pembaruan ini penting agar Anda dapat menikmati fitur terbaru yang disediakan Google.
Contoh Penggunaan Gemini Google Workspace
Ketika Anda menggunakan email pada Gmail, fitur Smart Compose akan memberikan saran otomatis berdasarkan kalimat yang Anda tulis. Sementara Smart Reply memungkinkan Anda membalas email menggunakan respons yang disarankan AI.
Google Docs dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan saran penulisan sesuai konteks dokumen yang sedang dibuat. Anda bisa mendapatkan ringkasan otomatis dari dokumen yang dibuat menggunakan AI-powered Summarization.
Saat Anda bekerja menggunakan Google Sheets, secara otomatis fitur rekomendasi formula AI akan muncul untuk membantu memberikan saran berdasarkan pola data. Gemini AI juga menyediakan ringkasan otomatis setelah rapat melalui Google Meet usai.
Cara Berlangganan Gemini Google Workspace
Untuk mendapatkan akses ke semua fitur yang ditawarkan Gemini AI Google Workspace, Anda bisa mulai berlangganan dengan mengikuti langkah berikut:
- Pilih paket Google Workspace yang tersedia dan telah mendukung Gemini AI, yakni Business Starter, Business Standard, Business Plus, dan Enterprise.
- Kunjungi Google Workspace Pricing untuk melihat harga dan layanan setiap paket.
- Klik daftar untuk Google Workspace jika Anda baru pertama kali berlangganan.
- Klik Mulai Uji Coba Gratis kemudian masukkan informasi bisnis atau perusahaan Anda.
- Pilih paket sesuai kebutuhan. Bagi yang telah menggunakan Google Workspace, Anda juga bisa meningkatkan paket berlangganan dengan cara mengubah pengaturan di Admin Console kemudian pilih Billing lalu Subscription.
- Lakukan aktivasi paket berlangganan melalui Admin Console.
- Anda bisa menggunakan Gemini AI dalam berbagai aplikasi yang disediakan Google Workspace.
Kini, tersedia cara paling mudah untuk berlangganan Gemini Google Workspace. Cukup hubungi nusa.id cloud kemudian pilih paket layanan dan lakukan pembayaran, Anda akan bisa menikmati layanan terbaik dari Google dalam waktu relatif singkat.