fbpx

Ini Fungsi dan Cara Transfer Token Google Workspace

Transfer Token Google Workspace

Transfer token Google Workspace merupakan solusi bagi Anda yang ingin memindahkan billing tagihan dari Google ke partner Google atau sebaliknya. Token Google Workspace merupakan kode autentikasi yang berfungsi untuk keamanan. Kode ini memiliki masa berlaku yang relatif singkat. 

Ketika masa berlaku habis, Anda harus mengulang permintaan dari awal. Tujuannya tentu saja untuk memastikan keamanan, sebab hanya pengguna terverifikasi yang bisa mengakses aplikasi.

Fungsi Token Google Workspace

Transfer Token Google Workspace

Pada dasarnya, token terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan spesifikasi layanan dan aplikasi. Token Google Authenticator diperlukan bagi Anda yang ingin mengakses Google API, sedangkan token ID digunakan untuk proses otentikasi pengguna ketika hendak mengakses aplikasi.

Lantas, apa fungsi token Google Workspace?

Token Google Workspace dapat digunakan untuk akses data pengguna, mengintegrasikan Google Workspace dengan aplikasi pihak ketiga, otentikasi pengguna, mengelola hak akses, dan memproteksi keamanan data.

Token ini juga diperlukan untuk proses transfer billing tagihan Google Workspace. Transfer token Google Workspace biasanya berlaku selama 14 hari. Lewat dari waktu tersebut, Anda harus meminta token baru. 

Biasanya transfer billing dilakukan untuk memudahkan Anda mengelola layanan Google Workspace. Token berfungsi sebagai kunci akses untuk memvalidasi transfer. Dengan begitu data dari layanan Google Workspace sebelumnya akan dipindah ke layanan terbaru.

Misalnya: semula Anda berlangganan Google Workspace di reseller A, kemudian Anda ingin memindahkan layanan ke partner resmi Google nusa.id cloud. Anda membutuhkan token Google Workspace untuk memindahkan data dari reseller A ke nusa.id cloud.

Cara Transfer Token Google Workspace

Transfer Token Google Workspace

Berikut langkah untuk melakukan transfer token Google Workspace:

  • Masuk ke admin konsol Google
  • Gunakan email dan password login akun admin Google atau yang memiliki hak akses.
  • Setelah masuk, akses halaman Transfer Token.
  • Pada layar terpampang informasi mengenai batas waktu token, yakni 14 hari. Kode token dapat digunakan dengan catatan Anda telah menginput kode identifier reseller tujuan transfer.
  • Klik Confirm Reseller Identifier.
  • Pada layar akan muncul kode transfer token.
  • Hubungi reseller Anda dan berikan kode transfer token tersebut. Nantinya, reseller akan membantu proses pemindahan hingga tuntas.

Demikianlah informasi singkat mengenai transfer token Google Workspace yang perlu Anda pahami. Ternyata generate transfer token tidak sulit, bukan? Kini, saatnya Anda beralih ke layanan Google Workspace yang disediakan oleh nusa.id cloud! Yuk, hubungi nusa.id cloud sekarang!

Share Artikel :

Blog Terkait

Cara Kerja G Suite & Google Workspace Sama? Cek Faktanya!

Cara Kerja G Suite & Google Workspace

Anda mungkin sering mendengar layanan Google yang bernama G Suite dan Google

Tips Maksimalkan Cloud Server untuk Freelancer

Tips Maksimalkan Cloud Server untuk Freelancer

Sebagai seorang freelancer, efisiensi dalam pengelolaan proyek adalah kunci kesuksesan. Salah satu

Penerapan WiFi Management atau Captive Portal pada Akses WiFi Gratis di Hotel

Penerapan WiFi Management atau Captive Portal pada

Captive portal atau WiFi management bisa dikatakan sebagai aplikasi yang krusial untuk